Tutorial – Membuat Bendera Berkibar

Kibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi,,:),ciee,,

bendera5
Wah lagi marak tentang kampanye pemilu niy,,banyak berkibaran bendera-bendera partai di jalan-jalan, hal itu membuat saya terinspirasi untuk membuat gambar bendera dengan menggunakan Photoshop, tapi saya tidak akan menggambarkan salah satu bendera partai, nanti malah di sangka kampanye terselubung,,hee,,karena saya orang Indonesia maka saya akan membuat gambar bendera merah putih pujaan bangsa,^_^,heheee,, tanpa banyak basa basi lagi, langsung aja yah.
Okey pertama yang harus anda lakukan adalah membuka program Photoshop pastinya,, buat file baru Ctrl + N, buat ukuran 400×400 pixel dan resolusi 72.new-docBuat seleksi dengan menggunakan Rectangular Marquee Tool, lalu buat layer baru dan pilih warna merah, kemudian tekan Alt + Del untuk mengisikan seleksi tersebut dengan warna merah yang sudah anda pilih.
benderaDengan seleksi masih aktif  buat layer baru, kemudian geser perlahan seleksi tersebut ke bawah warna merah, kali ini anda pilih warna putih, lalu tekan Alt + Del untuk mewarnai layer 2 dengan warna putih.
bendera1 bdr1

Sembunyikan layer background lalu pilih Marge Visible pada menu option palet Layer atau Shift+Ctrl+E untuk menyatukan layer. Jika sudah pilih Edit pada menu utama kemudian pilih Stroke. Masukan angka 1 px,pastikan posisi titik di tengah-tengah (Centered).
bdr2

Sekarang kita akan buat efek lekukan pada gambar bendera, buat seleksi pada layer 1, klik Ctrl + layer 1, buatlah layer baru, kemudian tekan “G”, pilih tool Reflected Gradient (bdr3) tekan “D” untuk mengatur default foreground dan background color. Buatlah gradasi seperti Nampak pada gambar berikut.
bdr4Letakan kursor di sebelah kiri kemudian klik n drag kea rah kanan, ubah Opacity layer 2 menjadi 30% maka hasilnya akan seperti gambar berikut.
bendera2 bdr5

Gabungkan layer 1 dan 2 dengan menekan Ctrl + E, selanjutnya kita akan buat efek “berkibar ” dengan menggunakan Liquify, pastikan tidak ada layer yang terseleksi ( jika ada tekan Ctrl + D ). Tekan Ctrl+Shift+X ( atau pilih Edit > Liquify). Atur sedemikian rupa agar bentuknya menyerupai kibaran bendera, jika sekiranya sudah pas, Ok
bendera3Tampilkan kembali layer background, gambar sudah nampak realistis, namun masih ada kekurangnya yaitu kurang condong, nah untuk membentuk mengubah kejanggalan tersebut tekan Ctrl+T lalu klik kanan, pilih Skew. Buat bendera agak condong kebawah lalu tekan Enter.
bendera4

Ctrl + T sekali lagi untuk memperbesar atau memperkecil gambar, lalu hiasi dengan efek-efek lain agar lebih harmonis,,,,
bendera5Nah ini hasil akhir dari tutorial membuat bendera berkibar,,silahkan anda kembangkan denga imajinasi anda sendiri untuk membuat yang lebih gaik lagi,,selamat mencoba dan semoga berhasi,, salam grafish..!!

About these ads

6 Tanggapan

  1. ok punya brow..
    ngedukung bgt buat bljr gue..
    thanks

  2. ya sma-sma

  3. mantep bro … lam kenal ya ….

  4. mat kenal yaa…and tutorialnya mantap banget
    mksh.

  5. Wah….terimakasih banyak ni atas caranya…
    saya sangat terbantu sekali….

  6. met kenal ya… makasih atas tutorialnya… mantap bro .!!!saya tambah semangat buat belajarnya.sekali lagi makasih ya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: