Tutorial – Membuat Bayangan Secara Perspektif

Bayangan perspectif pada objek text.

shadow10

Bayangan yang muncul dari sebuah obje biasanya tergantung dari cahaya yang memantul pada objek tersebut, jika sumber cahaya ada di sebelah kanan, maka bayangan nya akan berada di sebelah kiri, dari sudut pandang akan lebih menarik bila bayangan dari suatu objek berada di depan objek tersebut, karena pada umumya bayangan bayangan sering berada di belakang atau di samping objek tersebut, sekarang kita akan mempelajari bagaimana caranya untuk membuat agar bayangan berada di depan objek yang akan kita buat, kita akan mencoba membuat bayangan dari sebuah text agar berada di depan text, caranya cukup mudah, jadi langsung aja kita coba membuatnya.

Buat file baru dengan ukuran 10cm x 4cm dengan resolusi = 100 dan mode = RGB content = White. Isi bacgroung layer dengan warna gradasi sesuai keinginan anda (saya mecoba memberikan contoh dengan warna putih dan biru ) aktifkan Horizontal Type Tool lalu buat text “Grafish” dengan font “BatmanForeverAlternate”.
shadow10

Klik pada layer text, lalu tekan Ctrl + J untuk meng Copy layer text tersebut, jika sudah tekan Ctrl + T, untuk mengaktifkan Free Transform, klik kanan kemudian pilih Flip Vertical pada menu option yang muncul.

shadow1
Aktifkan layer text Copy, lalu geser ke bawah dengan menggunakan tombol panah kebawah sehingga posisinya tegak lurus.

shadow2Setelah posisinya sekirannya cukup tekan Enter, pilih Layer > Resterize > Type, pada menu utama untuk mengkonfersi layer text menjadi layer “image”.

shadow3Pastikan layer grafis copy masih aktif lalu tekan Ctrl + T untuk mengaktifkan kembali Free Transform, klik kanan lalu pilih Perspective pada menu option.shadow4

Seret bagian kanan bawah kearah kanan, lalu tekan Enter.shadow5Agar bayangan terlihat lebih realistis, pilih Filter > Blur > Guassian Blur, dan masukan angka 1.6 pixel, atau anda bisa masukan angka lebih jika menurut anda kurang.

shadow6
Aktifkan Marquee Tool untuk membuat seleksi, seleksi sebagian kira-kira 1/3 dari bayangan, pilih Selec > Modify > Feather, atau dengan menekan Ctrl + Alt + D. masukan angka sekitar 9 pixel.

shadow7Setelah terbentuk seleksi, pilih Filter > Blur > Guassian Blur, masukan angka 3,

shadow8Setelah itu lakukan seleksi kembali pada layer yang sama, namun kali ini buat lebih, kira-kira 2/3 dari gambar bayangan dan tekan Ctrl + Alt + D. masukan angka sekitar 9 pixel.

shadow9

Lakukan Guassian Blur kembali dengan cara menekan Ctrl + F sampai dengan hasil yang anda inginkan, lalu pilih Filter > Rander > Lens Flare untuk memberikan sedikit efek cahaya, dan hasil akhirnya seperti gambar berikut.

shadow10

Ga sulit kan.?? Klo gitu selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam grafish 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: